17 October 2008 27 Comments

Tips Menjaga Hubungan Cinta Jarak Jauh

Lagi dirudung rindu gara-gara pacar nun jauh di sana? Bagi Anda yang mengalami pacaran jarak jauh pada intinya Anda harus melakukan tindakan yang sedikit berbeda sehingga jarak tidak lagi menjadi masalah. Berikut beberapa tips untuk tetap menjaga keutuhan hubungan jarak jauh.

Jaga komunikasi. Kunci utama untuk mempertahankan hubungan cinta jarak jauh adalah dengan mengadakan hubungan secara terus-menerus, seperti sms-an, telepon, email, chatting. Dengan frekuensi yang berkelanjutan, walaupun hanya bercerita mengenai hal yang membosankan, namun hal ini akan membuat jarak Anda dan pasangan Anda seperti di sebelah tembok walaupun pada faktanya Anda terpisah berkilo-kilo jauhnya.

Perhatian dan perhatian.
Jarak jauh bukan berarti Anda melupakan yang namanya perhatian. Anda dapat mencari tahu apa yang dia sukai, atau mengirim kata romantis, atau sekedar menanyakan kabar, apakah sehat atau sakit. Semakin Anda perhatian, maka si dia akan merasa bahwa Anda juga memikirkannya, dan sekali lagi…walaupun dengan jarak jauh.

Tetap semangat.
Walaupun Anda membina hubungan cinta jarak jauh, namun bukan berarti kemudian Anda menjadi lesu dan tak bersemangat dalam menjalani hidup, karena tidak ada si doi. Jika dulu sebelum Anda pacaran jarak jauh, Anda tidak sempat melakukan sesuatu, maka inilah kesempatan Anda untuk melakukannya, tentunya untuk hal yang positif dan tidak untuk menyakiti perasaan pasangan Anda.

Tetap rukun.
Untuk pacaran jarak jauh, maka ponsel dan email adalah jalan utama untuk membina komunikasi. Jadi, jangan biarkan setitik api pun yang dapat menyulut perselisihan, hingga membuat masalah tambah rumit. Usahakan untuk tidak mengacuhkan sms, telepon ataupun email dari pasangan Anda dan berusaha untuk menyelesaikan masalah yang ada, bukan menggantungkan masalah.

Selalu pengertian.
Jika suatu ketika Anda dipersatukan kembali, maka pahamilah bahwa dirinya memerlukan adaptasi kembali untuk bersama Anda atau berada di lingkungan yang berbeda. Coba bicarakan apa yang sedang terjadi sehingga Anda dapat mengerti kehidupan pasangan Anda di habitatnya yang berbeda dengan Anda.



About Author:
Okti Ragil Suharno. SEO Analyst, Social Media Consultant, Social Network Master, Blogging. Visit Me Okti Ragil Suharno On Google+

Tags:

27 Responses to “Tips Menjaga Hubungan Cinta Jarak Jauh”

  1. No name 22 August 2009 at 01:54 #

    maaf sebelumnya utk yg point pertama,,kita “mengadakan hubungan secara terus-menerus” memang benar,,tp yg saya alami justru kebalikannya,,,dy merasa bosan,,,dan mencari yg lain,,,saya jdi bingung jg…walopun saat ini kita sudah tidak ada hubungan lg…
    tp yg bener kaya apa ya?kalo kita intens takut bosan,,,klo kurang perhatian n komunikasi jg ntar kabur… hufffttt gmn ya? >.< trims ya

  2. garti 3 November 2009 at 15:14 #

    selama hampir 7 tahun menikah dan 7tahun berpacaran dengan kondisi berjauhan,alhamdulilah lancarrrrr…kuncinya selain yang yadi diatas tak kalah pentinh adalah kebercayaan dan kesetiaan dari kedua belah pihak..

  3. Imam Maulana 3 November 2009 at 17:03 #

    aku ini lagi alamin cinta jarak jauh kesemua itu aku bisa lakukan tapi dia susah, dan saya tidak bisa menceramahinya bangai mana saya untuk memberitahu untuk dia bisa se arah dengan saya ? mohon di jawab

  4. oNa 17 November 2009 at 03:30 #

    g mna cra mnjagag hUb’an jrak jauh biiar gag bOsen ???

  5. angin. 4 December 2009 at 17:09 #

    ke 4 poin mungkn memang sudah d lakukan tapi, ynG nmanya PJJ tu membuthkan keprcayaan ynG tnggi, ktrbukaan n’ kjujuran. ynG plg pntng tkut boong dach,,,,,,!!!
    coz kta tdk tau apa ynG sdng d prbuat psangan kt d sana. hnya Tuhan yang kuasa sj sma Malaikat d smping knan kiri psangna kt.

    mnurut ku c,,,,!!
    berdoa’a n’ mmpelajari arti kensekuensi.
    kcuali bila mmang jodoh. “tak kan lari gunung d kejar”
    tpi bla gunungnya mletus,,,,???????????????????

  6. july 11 December 2009 at 09:07 #

    untuk poin ke-5 terdapat Pernyataan “SELALU PENGERTIAN” namun klo trus Pengertian entar di Bo’ongin Trus… krn yg namanya PJJ itu ga’ akan mudah di Lalui, So Pasti ada aja masalah yg muncul… Rasa Cemburu yg tak terbendung dan keadaan yg tidak dapat diketahui kebenarannya membuat Rasa Pengertian menjadi di Salah Gunakan… Solusi apa yg Terbaik y untuk mengatasi PJJ…?

  7. Cip 19 December 2009 at 04:47 #

    Smua hal di atas, sdh q lakuin, tp knp dia skrg malah menjauh….?
    Mgkn dia nemuin yg br….? Tp dia blg kluarga dia blm ada yg c7 sm hub kt
    Ktny sich, pgn break 1 blnan sm aq dlu, tp aq bingung….
    Cm krn aq org (g usah d sbtin org mn ya…) yg di mata kluargany org kotaku di judge g baik….kan mrk blm mengenal aq, dia udh tahu sft aq gmn….shrsny dia bs prtahankan hub kt, aq pgnny ktmuan dlu sm kluarga dia, ntar br aq bs tau klu kluarga dia bnran g sk sm aq stlh ktmuan…..slh ya klu aq pgn ky gt…..???????? Thank’s

  8. NayA KOTAMOBAGU 26 January 2010 at 10:50 #

    Ass. Saya skrg juga sedang Menjalin Hubungan Jarak Jauh tp Alhmdlh sdh 3 thun Kami Pacaran Dia msh ttp kasih Perhatian ke Saya…, Dan Insylh Kami akan Melangsungkan Pernikahan Kami Setelah Saya Lulus Kuliah thun Ini…., Doakan yah? Amiiiiiiin….

  9. kurny 2 February 2010 at 01:45 #

    iya aq doain mudah2n langgen selalu, amien,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,!

  10. kurny 2 February 2010 at 01:59 #

    iya aq doai mudah2n langgen selalu,, amien,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,!

  11. ami 3 February 2010 at 03:07 #

    saat ni q lg menjalani PJJ…….. mnrt q sih mang bener yg dikatakan diatas tp krng tergantung dr pasangan yg menjlaninya. kyk q ja msh bingung gmn caranya biar bs menjaga hungan PJJ ni tetep langgeng, krn dia jarang menghubungi q, cuek, kurang perhatian n dia jg kurang terbuka sma q. gmn ya caranya biar pasangan kita mau terbuka ama kita??????????? tolong kasi tau solusinya donk??????????????????

  12. WINDA 10 February 2010 at 01:25 #

    ass.saya pngn hub kta slalu bersama trus

  13. WINDA 10 February 2010 at 01:26 #

    ass.walaupun jauh dimata namun dekat di hati

  14. maya 25 February 2010 at 13:23 #

    kt ngjlani hbngn jrak jauh dh hmpr 2 thun…..cowq syng bgt ma aq….smua tips2 di ats udh kt jalani.smua yg aq lkukn aq slalu blang sm cowq,bhkn sapa aj yg smsq….tp cowq tipe cow yg sngt amt sensitv,pecmburu bgt kadang aq g’nyman dg skp2y pdq…apkh krn aq terlalu terbka or gmn???tp sebalkny dg aq.aq tipe cew yg g’ ska ngtur,aq jg tipe cew yg sngt membri kebebsan sm si dia.tp tetep hrs bs menjga kepercayaanq.

  15. diah 19 March 2010 at 05:19 #

    saat ini saya sedang mengalami pacaran jarak jauh.. kita sudah 3th pacaran tapi akhir2 ini saya merasa bosen. dalam hubungan kami sering sekali terjadi masalah sampai membuat kami berantem…. padahal cm karena hal2 kecil. saya pengen selalu berpikiran positif tentang dia… mudah2an aja dia juga sama seperti dan dia ga ngianatin saya

  16. Joudy 23 March 2010 at 00:52 #

    hub jarak jauh itu memang sangat susah.,akan tetapi kalau kita berdua saling percaya n menanamkan rasa kesetiaan.,apalah arti hub jarak jauh itu.,untuk itu komunikasi juga penting serta pengertian dari masing2.,skrg saya sedang menjalin hub jarak jauh. hub kami sudah hampir 3 tahun.,dan kami sudah berencana untuk menikah sehingga cincin tunangan pun sudah saya beli.akan tetapi karena pacar saya masih kuliah. jadi kami tunda pernikahan kami sampai tahun depan,karna pacar saya selesai kuliah tahun depan.
    tidak mudah untuk menjalani hub selama ini. banyak sekali masalah yang terjadi., begitu juga cobaan bagi saya dan pacar saya.,akan tetapi karena kami berdua ingin menjaga hub ini.masalah itu lmbat laun hilang dari kehidupan kami.
    teman teman doakan yah smoga rencana pernikahan kami boleh terlaksana sesuai dengan rencana kami.
    _________J H O D Y Z__________

  17. noya 25 March 2010 at 18:53 #

    pacaran jarak jauh emg sulit aplagi jika pasangan kita lum bisa terbuka dg kita….gmn kita bisa pengertian klo ia g terbuka…. kasih solusi donk?mengatsi pasangan yg lum bisa terbuka dgn kita saat iya ad masalah ?

  18. fram n anti 15 April 2010 at 07:08 #

    inyaalh,,kami akn menjalani hub pjj………..
    artikel di atas cukup bagus…mksiy y dah add artikelnya.,..doain kami yahhhh
    semoga kami selamat sampai tujuan……
    merieed
    semoga saat kami jalan lubang2 yang besar maupun kecil dapat kami hindari….
    sebaliknya jalan yang halus dapat kami lihat untuk kami lalui……………
    aminnnnnnnnnnnnnnnn
    pasangan lampung aseli nehh

  19. qyua 25 April 2010 at 13:39 #

    hmmmmm aq jg bingungnya…….kalo sering komunikasi malah jadi bosen….
    n kalo telfon…. malah berakhir konflik….
    sebenernya gimana ci???
    ya tp aq msh alhmdlllah si krna q pun masih bisa mempertahakan hubungan q.

  20. joe 20 May 2010 at 02:58 #

    Aku ingin berbagi pengalaman berharga di artikel ini. memang benar apa yang ditulis dalam artikel di atas. aku pernah suatu waktu mengacuhkan point 1 dan 2 karena alasan kesibukan kerja. Maklum, setelah pindah kerja di tempat yg baru dan lebih sibuk, menyebabkan adaptasi yang tidak mudah. Akhirnya komunikasi dan perhatian pun sempat terlupakan. Sementara kekasihku yang nun jauh disana sangat merindukan kasih sayang dan paling tidak kabar dariku. Akhirnya, karena kebetulan disana ada orang lain yg menyukai kekasihku ini, dia sering memberi perhatian lebih dari aku. Akhirnya, kekasihku pun sempat berpindah hati ke orang tersebut. Dari situ aku sadar, dan sekuat tenaga kucoba untuk mengembalikan keadaan. Alhamdulillah berhasil, walaupun dia masih trauma dengan sikapku sebelumnya. Jadi intinya, jangan dulu memikirkan efek buruk seringnya komunikasi atau monontonnya perhatian. Yang terpenting adalah kontinuitas dan kesungguhan hati untuk menjaga hubungan dengannya. Karena jika kita lengah, maka kita akan sadar bahwa kesempatan tidak datang dua kali.

  21. lYa 16 July 2010 at 04:19 #

    kitA rU brpA bUland brhUbUngAn jArag jAuh,,
    piE sUsah sx tUg biSa ngErtIIn stU smA lAind,sO,prsAand cUrigA,tAkUd kEhilangan tUh trUz datEng lWpUn gag diUndang,,,
    tErkAdang dyA gAg ngUbUngInd Q gtUpUnd sEbalignYA …
    cZ dyA Q mEnjadi bErubAh,,,
    bErubah mNjdi cwEx yang cUeg,,,
    piE dlM hatI kcIl Q sANgAT sEdih dg smW nih,,,

    sEbEnarnyA pUnya PrinshIp tUg bIsa Saling pErcaYa piE sUsah jUga,,,
    gmnA ya CranA byAr gag bIngUng End BosEnd kyag giNi yrUz,,,???
    tHnk”z,,,

  22. ayvi 23 July 2010 at 05:08 #

    aq akn coba dech…

  23. chevy 25 July 2010 at 16:21 #

    sungguh berat kurasa saat dy tk ada d smpingku . . Saat ni qta 5dang jauh jarak, tp aq slalu prcya ma dy, krn dy istriku . . Hehe

  24. Cumainfo 26 July 2010 at 13:48 #

    Aku udah hampir 2 tahun LDR. Di awal pertama LDR.. aku yang ngerasa berat bgt.. tapi di akhir2 ini.. pacar ku yang ngerasa Berat buat LDR.. Tapi aku ttp ngeyakinin dy kalo hub kita bkl baik2 saja…

    Suka trlintas jg di benak.. bgaimana kalo pacarku berpindah kelain hati karena ngerasa berat dan bosen buat LDR sama aku..

    hikss… sedihh..:’(..

    gmn caranya biar dia gak ngerasa bosann… lagi..

    dan mau semangta lagi buat LDR

  25. fitri 20 August 2010 at 08:05 #

    ini mungkin sebagai pelajaran buat saya,saya bertempat tinggal di Blitar dan cowok saya ada di Kediri.dimana cowok saya berada jauh. dia kuliah dan sudah kerja di salah satu Lembaga bimbingan belajar. dia sering keluar kota lain. kita sudah berkomitmen untuk menikah, tapi saya sarankan cowok saya buat nikahin satya dulu. karena dia masih kuliah ambil s2 jadinya IPK nya harus tinggi. saya takut jika mengganggu kiliahnya, semoga dengan tips ini saya menjadi lebih setia n sayang sama dia. tapi untungnya sesibuk apapun kita tetap menjaga komunikasi. karena profesi saya adalah broadcaster, makanya saya juga sibuk n pulang malam.

  26. widya 4 October 2010 at 08:34 #

    emang berat bngt sch hbngn jarak jauuh tp da gmna lg aq hrz rela demi masa depan dy…

    mksh ea atas saran nya aq mw cba

  27. tatar_adi 3 January 2012 at 23:07 #

    Makasih sob,, atas infonya
    ini sangat membantu sekali bagi pemula seperti saya…


Leave a Reply

*