Mengurus SIM di Tunjungan Plasa Surabaya

Suasana SIM Corner di Tunjungan Plaza

Mengurus SIM di TP, ternyata Cepat dan Nyaman

Untuk masalah perpanjangan SIM, warga Surabaya termasuk yang paling “dimanjakan” oleh polisi. Betapa tidak, setidaknya ada empat titik pengurusan langsung dan tambahan satu cara (via SMS) perpanjangan SIM.

Cara perpanjangan SIM yang pertama adalah di Colombo, kedua di dua unit SIM keliling, ketiga di Polres Surabaya Selatan, dan yang terakhir tentu saja di SIM Corner.

Bertempat di mal, segala macam “keruwetan” pengurusan perpanjangan SIM bisa terurai. Buka tiap hari, mengikuti jam buka mal (antara pukul 10.00-21.00), prosedur yang mudah dan terukur, harga yang sudah fixed, dijamin bebas pungli, dan pelayanan yang friendly, tentu saja dalam waktu cepat (15 menitan) SIM Corner di Tunjungan Plaza menjadi jujukan warga Surabaya dalam memperpanjang SIM.

Prosedurnya pun sangat sederhana. Kali pertama, pemohon perpanjangan SIM melakukan tes kesehatan -sebuah prosedur yang dijalani dengan cukup sederhana. Yakni, tes penglihatan dan fisik. Setelah itu, pemohon membayar ke bank, menyerahkan SIM lama, lantas foto. Pemohon perpanjangan SIM lalu menunggu sebentar hingga akhirnya mereka bisa pulang dengan membawa SIM baru.

Biayanya pun sudah fixed. Yakni, Rp 90 ribu. Rinciannya, Rp 60 untuk pengurusan SIM baru, Rp 15 ribu untuk tes kesehatan, dan Rp 15 ribu sebagai asuransi. Biaya yang terakhir tersebut pun opsional. “Artinya, pemohon bisa ambil atau tidak. Bebas,” kata Kapolwiltabes Surabaya Kombespol Bambang Suparno. Bila tidak mengambil asuransi, biaya pun jadi lebih murah, yakni Rp 75 ribu saja.

Jumlah itu masih disertai catatan. Yakni, SIM Corner cuma melayani perpanjangan SIM A dan C. Sedangkan cakupan perpanjangan SIM di Colombo

Masih ada variasi lainnya. Pada Minggu pagi maupun malam, polisi masih menempatkan mobil SIM keliling di daerah konsentrasi massa. Namanya menurut waktunya, kalau pagi, disebut “morning service” dan malamnya “night service”. ”Kami benar-benar jemput bola. Siapa tahu karena kesibukannya ada pemegang SIM yang belum berkesempatan ke Colombo, SIM Corner, atau ke Mapolres Surabaya Selatan,,,,,,,,,,,,,,,,,(image credit : edit jawa pos)

8 thoughts on “Mengurus SIM di Tunjungan Plasa Surabaya”

  1. mengurus sim sebaiknya masyarakat dibiasakan ngurus sendiri, jangan melalui biro jasa, ini juga memperkecil korupsi kecil kecilan. Seluruh Polres kalau bisa menyebar selebaran ttg cara-cara mengurus Sim termasuk biaya asli mengurus sim C,A, B, biar masyarakat terbiasa tidak ketergantungan.

  2. kapan hari nanya perpanjangan sim sama ibu polisi disitu eh ternyata jawabannya ketus,un coorporate,judes,jutek tapi terobosan baru bisa ngurus sim di mall.

  3. aku pernah mau ngurus sendiri SIM A&C aku yg udah mati 7bulan..gak diterima di sim corner TP..katanya harus ngurus ke colombo…wah,kebayang udah jauh, harus meluangkan waktu khusus seharian…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *