Cara Handal Jadi Penulis

Ada beberapa cara untuk bisa menambah skill writing Anda agar bisa menjadi great writer, terutama bagi Anda yang suka menulis, termasuk novel, cerpen, makalah, atau artikel apapun. Ketika Anda menemukan bahwa tujuan utama hanya untuk kesenangan atau mungkin bercita-cita untuk menjadi columnist koran besar, dapat mempertimbangkan tips berikut ini.

Banyak membaca. Anda dapat memulai untuk menulis dengan baik adalah dengan membaca dengan baik pula. Benamkan diri Anda ke dalam novel, puisi, atau artikel yang Anda baca. Membaca adalah langkah penting dalam proses menulis karena tidak hanya memberikan ide baru mengenai hal yang akan ditulis, namun juga memberikan banyak vocabulary baru untuk memperkaya tulisan Anda.

Belilah computer atau notebook. Tanpa sebuah computer ataupun notebook, tidak ada tempat yang cocok untuk menampung dan mengorganisasikan ide Anda. Dengan membawa latop kemana-mana, maka Anda dapat write di mana dan kapan saja, karena inspirasi bisa datang tiba-tiba. Akan sangat efektif jika Anda menulis setiap hari. Namun, dengan adanya latop atau computer di samping Anda, maka akan mempermudah akses Anda untuk menulis atau bahkan memberi inspirasi cerita yang bagus untuk Anda. Selain itu, pastikan kemana saja Anda pergi, Anda membawa pena.

Ikut dalam group tulis-menulis. Group yang dimaksud seperti komunitas atau group di Internet. JIka Anda memiliki batasan penulisan, maka bebaskan pikiran Anda dan biarkan semua kata mengalir sendiri. Dengan begitu, Anda dapat berkomunikasi dengan penulis lain seperti Anda, seperti menanyakan saran atau ide ketika Anda sedang buntu atau tips yang digunakan untuk menulis dengan baik, atau berbicara dengan penulis lain.

Hanya menulis. Tidak peduli apapun itu, atau apakah itu jauh di atas logika, cobalah untuk tetap menulis. Jika Anda merasa buntu, istirahatlah sebentar, dan kembalilah setelah beberapa jam atau bahkan beberapa hari berikutnya. Dengan begitu, Anda akan memiliki ide-ide baru dan Anda dapat menambahkannya di tulisan Anda, setelah beristirahat sejenak.

Pikiran fokus di satu tempat. Jagalah ide Anda dan jangan campur adukkan ide secara bersamaan. Hal ini dapat membuat pembaca bingung jika Anda melompat dari satu topic ke topic lain tanpa adanya penjelasan diantaranya. Pastika ide Anda masih dapat dikembangkan, dan jangan melompat terlalu jauh dari topic utama. Jika Anda mulai menyimpang dari topic utama, maka pastikan Anda dapat membawa isi kembali ke topic utama di bagian akhirnya. Buatlah beberapa alasan mengapa topic utama diletakkan di bagian awal.

Sediakan waktu untuk menulis. Jika Anda sangat sibuk untuk mendedikasikan diri Anda untuk menulis, maka Anda dapat berimprovisasi untuk menyediakan waktu sepuluh menit saja per hari. Banyak latihan membuat kesempurnaan, dan tanpa latihan, maka tulisan Anda akan tampak monoton. Setting diri Anda untuk berada dalam ketenangan, kenyamanan dan biarkan kata-kata mengalir dalam pikiran Anda. Makin banyak Anda menulis, maka semakin mudah untuk terus berpikir mengembangkan pembuka dan penutup tulisan yang menarik.

Cek spelling dan grammar yang error. Walaupun terkesan sepele, namun usahakan untui membuat kesan yang baik dalam tulisan. Jika Anda ingin menunjukkan tulisan Anda kepada orang lain, dan tampak banyak kesalahan ejaan di sana sini, maka tidak ada seorang pun yang dapat berkonsentrasi untuk membaca content tulisan Anda, dan justru mereka akan menjadi bingung. Untuk alasan ini, maka pastikan ejaan tulisan Anda sesempurna mungkin.

Percaya diri. Percayalah kepada kemampuan dan apa yang Anda tulis, dan jangan takut bila suatu ketika diminta untuk mempresentasikannya atau naik ke level yang lebih tinggi. Pada intinya, banyak latihan dan membaca, maka akan membuat Anda percaya diri ketika membuat tulisan, apapun bentuknya

Sumber : beritanet.com

One thought on “Cara Handal Jadi Penulis”

  1. Terima kasih sobat,
    Input yang sobat berikan sangat membantu dan merangsang saya untuk menulis paling kurang menulis apa saja yang saya lihat, dengar dan rasakan setiap hari. Tidak penting apakah itu tulisan menarik atau tidak tetapi menjadi media mengembangkan dan berbicara dengan diri sendiri. Dari situ diharapkan saya bisa menulis untuk membantu orang lain meski tidak terlalu mengagumkan. Terima kasih sekali lagi tips-tips yang segar dan memotivasi. Teruslah memberikan pengalaman sobat dalam melahirkan tulisan-tulisan yang membangkiktan gairah menulis dan hidup bahagia bagi orang lain. Saya sendiri mengalami hambatan mental untuk menulis terutama untuk dikirim ke media umum karena takut dikritik dan merasa kurang pede. Tips-tips di atas cukup membantu saya mengatasi kesulitan ini. Salam untuk keluarga dan semua
    Kosmas – Ende-Flores-NTT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *