NetBeans IDE 6.5 Support PHP dan Phyton

Sun Microsystems telah memperkenalkan, Rabu (26/11), sebuah NetBeans IDE 6.5 dengan tambahan support untuk scripting bahasa PHP dan preview versi support untuk bahasa Phyton. Sun telah memperluas range bahasa pemrograman yang support dengan NetBeans IDE tahun ini, setelah menambah bahasa Ruby on Rail di NetBeans IDE 6.1, Mei lalu.

NetBeans merupakan salah satu open source IDE, yang menjadi pemimpin dari kompetitornya, Eclipse IDE yang didukung oleh IBM dan yang lainnya. Eclipse juga telah diperluas untuk support ke dynamic programming languages beberapa bulan lalu. Sun menilai, keberadaan multi bahasa pemrograman dalam IDE sangat penting sejak banyak dibutuhkan perpaduan bahasa pemrograman dalam pembuatan program. Dengan adanya multi program dalam IDE, maka akan mempermudah user untuk berpindah dari PHP ke JavaScript dan sebaliknya, hanya menggunakan satu tool yang sama.

“Integrasi antar banyak bahsa pemrograman adalah pengembangan yang sederhana. Semua itu tentang motivasi pengembang untuk lebih produktif. “ kata Ian Murdock, vice president marketing pengembang dan komunitas Sun. Tool PHP memiliki fasilitas syntax highlighting, code completion, code generators, debugging, database wizards dan FTP support. Fitur  lainnya termasuk editor untuk pengembangan JavaScript dan framework lebih luas, seperti Spring, Hibernate, Java Server Pages dan Java Persistence API. NetBeans versi baru ini memperkenalkan multithreaded debugging untuk java, support dengan editor Groovy and Grails, dan support untuk bahasa script Ruby. Selain itu, juga support dengan editor untuk Phyton, sebuah debugger dan beberapa runtime Phyton. NetBeans IDE 6.5 ini hadir dengan beberapa bahasa interface, yakni bahasa Cina, Jepang dan Brasil-Portugis, yang dapat didownload di website NetBeans (www.netbeans.org)

Sumber : beritanet.com

Make Money

Funny Videos

Naruto Shippuden

Agills.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *