Blankon Linux Ala Indonesia

JAKARTA – Setelah dikembangkan dalam enam bulan terakhir, akhirnya, Tim BlankOn (baca : Blank On), berhasil membuat BlankOn 4.0 versi beta dengan kode Meuligoe. BlankOn 4.0 ini memiliki jargon, “Fajar baru perangkat lunak legal dan kreatif, untuk dan oleh anak negeri”.

BlankOn adalah distro khusus Linux yang dikembangkan Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Komunitas Ubuntu Indonesia demi menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia.

Nantinya, BlankOn ini akan memberi kemudahan, dan kehandalan yang ditawarkan Ubuntu Linux sebagai distribusi aslinya. BlankOn Linux dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran, dan pemerintahan.
“Akan tetapi, pengguna Linux di Indonesia harus bersabar karena BlankOn 4.0 versi beta ini akan dirilis secara resmi pada 13 November mendatang,” tulis YPLI melalui keterangan tertulisnya, Jumat (24/10/2008).

BlankOn 4.0 merupakan distro Linux terbaru turunan dari Ubuntu, dengan menggunakan Ubuntu 8.10 intrepid Ibex sebagai basis pengembangannya. Oleh YLPI dan tim pengembangnya BlankOn ini untuk menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan komputer umum di Indonesia.

Beberapa fitur yang tersedia di BlankOn 4.0 ini, di antaranya mendukung berbagai fasilitas multimedia seperti MP3 dan DVD, serta memiliki tema (theme) atau tampilan grafis yang khas Indonesia. Distro Linux asli anak negeri ini juga menyertakan peramban offline Wikipedia.

Diharapkan distro ini mampu mengembangkan software Linux sehingga bisa dipakai di komputer seluruh Indonesia.

Sumber : okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *