Satelite Australia

CALIFORNIA – Sebuah roket yang membawa satelit observasi milik Italia telah berhasil meluncur pada akhir pekan kemarin dari pusat peluncuran roket di California.

Roket dengan nama Delta II ini berhasil meluncur pada malam hari dengan meninggalkan gumpalan asap bercahaya yang cukup menerangi lautan Pasifik. Muatan yang dibawa roket tersebut merupakan bagian ketiga dari empat satelit sistem yang bernama Cosmo-SkyMed (Constellation of Small Satellites for Mediterranean Basin Observation) yang dikembangkan melalui kerja sama antara badan luar angkasa Italia dan kementerian pertahanannya.

Satelit tersebut akan menggunakan radar untuk mengambil gambar bumi dan seluruh lokasinya. Data tersebut nantinya akan digunakan untuk kepentingan keamanan, pertahanan, ilmu pengetahuan dan kepentingan komersil pemerintah Italia.

“Masalah bahasa bukan lagi kendala dalam peluncuran kali ini. Kedua negara, Italia dan Amerika, telah mengikis masalah perbedaan bahasa untuk mensukseskan peluncuran ini,” ujar Komandan peluncuran roket Kolonel David Buck, seperti dikutip melalui Associated Press, Senin (27/10/2008).

Ini merupakan peluncuran satelit Italia untuk ketiga kalinya. Sebelumnya, dua satelit telah berhasil diterbangkan pada tahun lalu dari tempat peluncuran di Vandenberg. Kedua satelit ini telah berhasil memetakan gambar saat terjadinya bencana Cyclone Nargis di Myanmar, serta gempa bumi di China. Bahkan pencitraan tersebut telah digunakan untuk mengirimkan bantuan dari organisasi internasional

One thought on “Satelite Australia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *