Perbedaan DVD Single Layer dan DVD Double Layer

Tahukah Anda yang dimaksud dengan format single layer DVD-R, DVD+R, DVD-RW dan DVD+RW atau dual layer di masing-masing DVD? Semua tipe di atas dapat membingungkan Anda ketika Anda ingin membelinya di toko. Untuk itu, berikut penjelasan dari dual layer DVD yang mungkin masih dirasa membingungkan.

Fungsi
Dual layer DVD didesain untuk menyimpan data lebih banyak dibandingka single layer. Single layer DVD, ketika dibakar akan merekam data di satu layer di disc. Sedangkan dual layer DVD, seperti namanya, akan menyimpan informasi di dua layer yang berbeda, dan double kapasitas tersebut akan memberikan sebanyak informasi yang dapat disimpan.

Tipe
Dual layer DVD datang dalam beberapa tipe yang berbeda. Pertama, ada dual layer DVD-R atau disingkat DL dan DVD-R DL disc. Tipe tersebut pada dasarnya sama, hanya saja DVD-R tidak dapat membaca media DVD+R dan vice versa. Hybrid drive yang dapat menangani kedua tipe tersebut dilabeli dengan ‘+’ dan ‘-‘. Untuk tipe tersebut hanya dapat membakar satu kali saja dan tidak dapat ditulisi lagi (rewritten).Berikutnya adalah DVD+RW dan DVD-RW. Kedua disc tersebut dapat meream data dengan perikiraan waktu 1000 kali. Hal ini berarti secara fisik dapat menghapus data di disc dan dapat membakarnya kembali jika user memilih pilihannya.

Ukuran
Single side dual layer DVD datang dalam dua ukuran, 8cm dan 12cm. Ukuran 12cm merupakan standard normal DVD, dan dapat menyimpan informasi 8.5GB. sedangkan ukuran 8cm lebih kecil dari standard DVD, hanya dapat merekam 2.6GB informasi. Untuk DVD tipe double side dual layer dapat menulis informasi di dua side dan jumlah data yang tersimpan akan menjadi dua kali lipatnya. Untuk ukuran 12cm DVD double side atau bolak-balik dapat menyimpan 17.1GB informasi, dan ukuran 8cm hanya 5.2GB informasi.

Keuntungan
Keuntungan dari penggunaan dual layer DVD untuk burning data adalah kapasitasnya yang lebih banyak. User dapat menyimpan data dua kali lebih banyak daripada single layer DVD. Hal ini berarti user dapat mem-burning film, dan user dapat memiliki ruang banyak di disc untuk audio dan video, dengan hasil yang bagus. Jika user merekam file dari harddisk ke disc tersebut, maka user dapat menangani banyak data. Hal ini membuat proses lebih lama seperti ketika backup content di harddisk atau transfer data ke computer baru.

Sumber : beritanet.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *