Akankan Browser Menggantikan System Operasi

Sebuah ide bahwa browser dapat menggantikan system operasi computer menyebabkan Bill Gates berang, karena dirinya pernah membuat ‘perang browser’ dengan Netscape di tahun 1994. Kini sebuah system operasi baru yang dinamakan “Cloud” diumumkan untuk mengganti system operasi netbook dengan browser yang simple dan booting dengan cepat.

Perusahaan perintis Cloud tersebut dinamakan Good OS atau gOS yang menawarkan lingkungan booting cepat untuk netbook di sebuah expo netbook di Paris. Product Cloud tersebut telah mendapatkan lisensi dari desainer netbook. Telah hadir pula gOS 3.0, sebuah widget dari distro Good OS untuk netbook. Pihak Good OS mengatakan bahwa gOS Cloud dapat booting hanya dalam beberapa detik, dan masuk dalam barebone browser. Browser gOS Cloud juga dapat bekerja seperti fitur system operasi, seperti Mac OS X.

Bila dilihat dari fiturnya, sesungguhnnya Cloud tidak dimaksudkan untuk mengganti system operasi, namun lebih didesain untuk digunakan banyak user sesering mungkin. Cloud dapat diisntal secara parallel di system operasi lainnya seperti Windows dan Linux, dan biasanya membutuhkan low-power netbook. Windows dan Linux (GNOME/KDE) makin berkembang dengan cepat dalam resource hardware modern.

Dengan melihat kemungkinan browser dapat mengganti system operasi di masa depan, mungkin saja Steve Ballmer akan mulai gerah dengan waktu booting Windows yang bisa memakan waktu hingga lima menit, dan mungkin akan mulai memperbaikinya.

Sumber : beritanet.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *