Jangan Memberi Obat Batuk Bebas Pada Anak

BILA si kecil batuk, apa yang Anda lakukan? Segera membeli obat batuk yang dijual bebas di pasaran? Mulai sekarang Anda patut waspada apalagi buah hati Anda masih batita. Sebab peringatan yang dikeluarkan Food and Drug Administration/FDA Amerika Serikat menyatakan pemberian obat antibatuk dan flu pada anak-anak berusia di bawah dua tahun patut dihindari.

Pemberian obat batuk ini dinilai sangat berisiko serta dapat mengindikasikan risiko fatal. Mulai dari jantung berdebar-debar, kejang, hingga kematian.

Dr Charles Ganley, selaku Ketua FDA menegaskan bahwa obat-obatan ini hanya menghilangkan gejala-gejala batuk dan flu pada anak, namun tidak menyembuhkan penyakitnya.

Pernyataan ini diperkuat oleh American Academy of Pediatrics yang mengatakan, “Metabolisme dan reaksi tubuh anak-anak terhadap obat-obatan berbeda dengan orang dewasa. Jadi, sebaiknya diantisipasi sebelum menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan.”

Sebenarnya sejak tahun lalu, FDA telah melarang pemberian berbagai jenis obat-obatan kepada anak-anak di bawah dua tahun jika tak ada rekomendasi secara detail dari dokter. Peringatan keras FDA ini menimbulkan kontroversi yang hebat di masyarakat AS. Lalu, bagaimana di Indonesia? Meski aturannya belum jelas, namun para orangtua lebih baik berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikan obat pada si kecil. Jadi, jangan sembarangan membeli obat di pasaran ya!

Sumber : okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *