Bahaya Botol Plastik Bagi Kesehatan

DAPATKAH Anda hidup tanpa plastik? Di zaman sekarang ini, sulit melepaskan diri dari produk-produk yang berbau serbakimia. Selain makanan, tengoklah produk wadah makanan dan minuman yang beraneka warna dan bentuk.

Menarik memang beragam produk kemasan yang ditawarkan, tapi jika tak hati-hati memilih, bisa jadi justru akan merugikan kesehatan Anda sekeluarga. Bahaya Botol plastik Apalagi, manifestasinya kadang baru terlihat setelah jangka panjang. Artinya, Anda sekeluarga tidak akan merasakan dampak negatifnya dalam waktu dekat.

Terkait BPA, bahan kimia ini dipakai untuk mengeraskan plastik dan digunakan pada berbagai bahan konsumsi rumah tangga, termasuk lapisan dari kaleng logam, lensa kacamata, dan keping CD. Banyak peneliti meyakini kemiripan fungsinya seperti hormon estrogen, yang mana penelitian terhadap hewan melaporkan keterkaitan dengan masalah pada dada, prostat dan sistem reproduksi, serta beberapa tipe kanker.Uji laboratorium botol plastik terdahulu dengan jaringan lemak manusia menemukan bahwa BPA dapat mengganggu hormon yang berfungsi melindungi tubuh dari diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Hasil penelitian ini dipublikasikan Agustus silam dalam Environmental Health Perspectives, jurnal bulanan yang diterbitkan National Institutes of Health Amerika.

Ahli toksik dari badan pemerintah Amerika Serikat lainnya juga telah mempelajari tentang BPA. Mereka menyimpulkan, tidak ada bukti kuat bahwa BPA mengancam kesehatan. Mereka malah lebih tertarik membahas kemungkinan efek BPA pada otak manula, balita, dan anak-anak.

Sejumlah negara di dunia telah mempertimbangkan untuk membatasi penggunaan BPA. Sejumlah perusahaan manufaktur memulai untuk mempromosikan botol bayi yang bebas BPA dan sejumlah toko telah menarik produk bayi yang mengandung zat kimia di botol plastik

Uni Eropa menegaskan, produk yang mengandung BPA aman sampai batas kadar tertentu. Akan tetapi untuk berjaga-jaga, pengambil kebijakan di Kanada telah mengusulkan larangan penjualan botol plastik susu bayi dengan kandungan BPA

Sumber : okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *