KTouch C800

KTouch C800

Kamera digital di ponsel sudah menjadi fitur wajib. Namun, umumnya hanya zoom digital yang dimiliki. Padahal, zoom digital hampir tidak ada gunanya. Karena itu, kehadiran zoom optikal sampai 3x di KTouch C800 ini layak dicermati

Siapa pun yang melihat tampak belakang bodinya pasti mengira  KTouch C800 sebagai kamera digital; apalagi bila lensa kamera sudah menonjol ke luar. Lensa kamera diklaim sudah 8 MP dengan optical zoom 3x. Di dekatnya ada lampu kilat.

Pada KTouch C800 posisi horizontal, tombol kamera akan berada di atas bodi, agak ujung kanan. Namun, kalau memotret atau merekam dengan posisi tegak, mungkin akan terasa sedikit tak nyaman karena ternyata tombol tengah navigasi tidak bisa dipakai untuk itu. Hasilnya pun agak goyang akibat cara memencet tombol yang kurang mantap.

Yang menarik dari KTouch C800, berdampingan dengan keypad, ada sejumlah tombol tambahan yang hanya berfungsi ketika kamera sedang aktif. Tombol-tombol ini cukup mudah diakses ketika bodi pada posisi horizontal. Pada masing-masing tombol terukir fungsinya, antara lain ‘Menu’ (atas), ‘Delete/Timer’ (bawah), ‘Macro’ (kiri), ‘Flash’ (kanan), dan ‘Set’ (tengah). Di kanan tombol navigasi itu ada tombol ‘Zoom’ dan tombol ‘M’ (Mode, untuk pindah dengan cepat di antara moda foto (Preview), video (Record), dan display (Playback)).

Meski KTouch C800 berlayar sentuh, kita tidak bisa menggunakan ikon dalam layar untuk mengatur setting. Fungsi sentuh hanya berlaku ketika kita mengetuk ikon bergambar kamera di sisi bawah layar untuk mengaktifkan kamera. Selanjutnya, layar hanya berfungsi untuk melihat tampilan. Oh iya, stylus-nya berbentuk gantungan, menggantung di bawah bodi.

Yang menarik, kita bisa langsung cetak foto hanya dengan menghubungkan ponsel ke printer yang menyediakan port USB, lalu pilih ‘DSC Pictbrige Mode’. Ikuti saja setting yang muncul di layar, lalu dicetak deh fotonya. Video pun bisa ditampilkan ke layar dengan fitur TV Out. Oh iya, C800 menyediakan aplikasi Photo Artist dan Video Editor untuk editing sederhana.

KTouch C800 memiliki Port kabel data, yang sekaligus untuk isi ulang baterai dan headset, ada di kiri bodi. Selain DSC Pictbrige Mode, opsi USB config lain yang tersedia ketika C800 terhubung ke PC adalah Mass Storage (untuk storage), COM Port (untuk modem), DSC USB Mode (untuk transfer data), dan DSC Webcam Mode (untuk Webcam).

Perhatikan, di User Profiles ada opsi DSC Mode. Bila diaktifkan, ponsel akan menolak panggilan masuk ketika kamera sedang aktif.

Kapasitas KTouch C800 bisa digenjot dengan MicroSD. Repotnya, slot MicroSD bersebelahan dengan slot SIM card sehingga harus bongkar-pasang ponsel.

Suara KTouch C800 ternyata bisa dipermak. Kita bisa manfaatkan Equalizer, 3D Surround, dan Reverb Effect. Malah, opsi yang disediakan Equalizer masih bisa disetel ulang. Suara terbilang nyaring seperti kebanyakan ponsel China. Dua pengeras suara ada di atas bodi (pada posisi tegak), dengan tombol volume 2-arah ada di kiri bodi.

C800 masih membawa fitur seperti AntiSteal, Black List, dan SMS Black List, Private Protect, serta InCallLeaveWord. Ada Call Background Sound, selain Call Picture, Caller Ring Tone, dan Caller Video. Di sini juga ada Schedule Power On/Off dan Flight Mode.

Selain untuk transfer data, Bluetooth bisa dimanfaatkan untuk menjawab panggilan, atau mendengarkan MP3 ketika kita menggunakan headset ber-Bluetooth.


PLUS : Zoom optikal, otofokus cepat.

MINUS : Berat dan tebal.

SPESIFIKASI K-Touch C800
Harga : Rp 2.599.000
Jaringan : GSM 900/1800 MHz
Bentuk : Bar
Dimensi : 125 x 60 x 23 mm
Bobot : 178 gram
Batere : Li-ion 3,7V 1300 mAh (model: TBG1702)
Waktu siaga : rata-rata 3 hari
Waktu bicara : sampai 4 jam
Layar : 2,8”, TFT
Memori internal : 59 MB
Memori tambahan : MicroSD 1GB
Konektivitas antar peranti :
Konektivitas Internet : GPRS
Kamera : 8 MP, lampu
Ringtone : Polifonik
Phonebook : 1000 entri
Messaging : SMS, MMS, E-mail, Chat, Voice MMS
Aplikasi : Calendar, Alarm, To Do List, Health (BMI, Menstrual), World Clock, AntiSteal, Black List, SMS Black List, Private Protect, InCallLeaveWord, Java (candybomb), Game (Winlinez, PushBox), E-Book Reader, Video Player, Audio Player, Sound Recorder, DIY Studio (Slide Show, Image Tile, Photo Artist, Melody Compose, Video Editor), Calculator, Converter, Stopwatch (Typical Stopwatch, nWay Stopwatch)
Isi paket : Charger, headset, buku manual.

Sumber : kompas.com

3 thoughts on “KTouch C800”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *