3 January 2009 21 Comments

EBuddy Chatting Lewat Handphone

eBuddy Mobile Messenger

eBuddy Mobile Messenger mendukung banyak aplikasi messenger populer, yaitu MSN, Yahoo!, AIM dan Google Talk. Artinya, jika Anda memiliki beberapa akun Messenger, Anda tidak perlu meng-install Yahoo Messenger, Windows Messenger, Google Talk, atau AIM secara mandiri. Cukup gunakan eBuddy untuk mengelola seluruh akun Anda.
Jangan khawatir soal dukungan ponsel.
eBuddy cukup bersahabat dengan hampir seluruh merek ponsel. Tidak peduli apakah ponsel Anda bersistem operasi Symbian,Windows, Linux atau embadded, asalkan mendukung Java, Anda dapat menggunakan eBuddy. Beberapa merek ponsel yang tercatat telah didukung oleh eBuddy adalah Alcatel, Blackberry, HTC, LG, Motorola, Nokia, O2, Orange, Pocket PC, Qtek, Sagem, Samsung, Sanyo, Sony Ericsson, Sharp, Siemens, dan T-Mobile.

Aplikasi Messenger sudah semakin akrab dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi ini bahkan nyaris menyamai popularitas SMS. Betapa tidak, dengan Messenger, pengguna dapat ngobrol dengan satu orang atau lebih secara bersamaan tanpa dikenai biaya per sekali kirim layaknya SMS. Pengguna hanya dikenakan biaya akses data sesuai dengan jumlah data yang digunakannya.


Untuk mengakomodasi melonjaknya pengguna Messenger, operator seluler berlomba-lomba bekerja sama dengan penyedia layanan Messenger menyediakan layanan Messenger via SMS. Telkomsel, XL dan 3 misalnya, telah menyediakan layanan itu.


Sayangnya, layanan yang disediakan oleh operator ini tak ubahnya layanan SMS biasa yang dibebani biaya SMS per sekali kirim. Bahkan biaya kirim pesan Messenger melalui SMS bisa lebih mahal dari layanan SMS ke nomor seluler biasa.


Untuk mengakalinya, Anda bisa memanfaatkan layanan data melalui GPRS atau 3G. Tentu, koneksi GPRS saja tidak cukup untuk chatting melalui Messenger. Dibutuhkan aplikasi khusus yang mampu mengelola pesan dan kontak yang Anda miliki, salah satunya eBuddy Mobile Messenger.


Otomatis Deteksi Tipe HP
Untuk menggunakan
eBuddy Mobile Messenger, gunakan browser di ponsel Anda untuk mengunjungi http://get.eBuddy.com. Selanjutnya, ponsel secara otomatis akan mendeteksi merek dan tipe ponsel yang Anda gunakan. Dari sana Anda dapat mengunduh versi eBuddy yang sesuai dengan merek dan tipe ponsel Anda.
Jika tidak ingin mengunduh aplikasi langsung dari browser ponsel, Anda dapat mengunjungi http://get.
eBuddy.com dengan browser biasa di komputer, lalu memilih tipe dan merek ponsel Anda secara manual di situs tersebut. Selanjutnya, untuk meng-install ke ponsel, salin file berekstensi .jar yang telah Anda unduh ke ponsel melalui kabel data, inframerah atau Bluetooth.


Kini Anda dapat meng-install aplikasi yang telah diunduh ke ponsel.
1.
Cara Instalasi
Pertama-tama, masuklah ke File Manager, kemudian jalankan file .jar yang telah Anda unduh. Saat muncul konfirmasi mengenai instalasi, jawab Yes. Tak lama kemudian,
eBuddy Mobile Messenger akan ter-install di ponsel Anda.

2. Mengaktifkan eBuddy
Setelah
eBuddy ter-install, jalankan aplikasi tersebut. Caranya, masuklah ke menu Applications pada ponsel, lalu carilah aplikasi eBuddy yang menggunakan icon bergambar huruf e. Saat pertama kali menjalankan, Anda akan melihat eBuddy melakukan uji coba koneksi. Dalam proses ini biasanya ponsel akan menanyakan apakah Anda memperbolehkan aplikasi tersebut untuk mengakses Internet atau tidak. Jawab Yes agar eBuddy dapat berkomunikasi dengan server eBuddy.com. Bila koneksi berhasil, akan muncul pesan “Connection Successsful”.
Berikutnya Anda akan ditanya bahasa yang ingin Anda gunakan. Pilihlah bahasa sesuai dengan yang Anda suka. Untuk kemudahan dalam mengoperasikan aplikasi ini, Sinyal menyarankan Anda menggunakan bahasa Inggris. Jika bahasa telah dipilih, klik Next.


3.
Registrasi dulu
Agar dapat menggunakan layanan messenger melalui
eBuddy, Anda harus membuat akun di eBuddy.com. Langkah selanjutnya akan membawa Anda ke halaman registrasi . Masukkan user ID yang Anda inginkan pada kolom eBuddy ID, isikan password yang ingin Anda gunakan pada kolom Choose password dan ulangi password yang sama pada kolom Confirm password di bawahnya. Isikan alamat e-mail Anda pada kolom E-mail address, pilih jenis kelamin pada kolom Gender, lalu isikan tanggal lahir Anda pada kolom Date of birth dengan format dd mm yyyy.
Jangan lupa, beri tanda cek di depan opsi I agree with the term on www.
eBuddy.com/terms.php sebelum melakukan konfirmasi pembuatan akun. Setelah itu tekan tombol Create. Saat muncul pertanyaan Allow network access?, jawab dengan Yes. Jika eBuddy ID yang Anda buat belum ada yang memiliki, Anda akan mendapat konfirmasi keberhasilan pembuatan akun. Jika eBuddy ID yang Anda pilih sudah ada yang punya, Anda harus memilih eBuddy ID yang lain.
Langkah selanjutnya adalah mengasosiasikan akun messenger Anda di akun
eBuddy. Pada layar Add account, pilih akun messenger yang biasa Anda gunakan: MSN, Yahoo!, AIM atau Gtalk. Pada kolom di bawahnya, isikan user name dan password yang biasa Anda gunakan untuk login ke messenger. Tekan Done untuk mengakhiri rangkaian proses registrasi di atas. Tak lama kemudian eBuddy akan langsung membawa Anda untuk login ke layanan messenger.


4.
Mulai Chatting
Untuk mulai chatting, Anda dapat memilih daftar teman yang terdapat pada Friend List di messenger Anda. Cukup sorot dan tekan pada nama teman Anda dan Anda sudah bisa langsung mengetikkan pesan instan untuknya. Daftar kontak yang terdapat pada Friend list
eBuddy ini diimpor langsung dari data kontak yang terdapat di akun MSN/Yahoo!/AIM/Google Anda. Jadi, Anda tidak perlu lagi menambahkan data kontak secara manual ke akun eBuddy.

5. Bisa Chating Ramai-ramai
Di samping chat secara perorangan,
eBuddy mendukung chatting berkelompok alias Conference. Untuk melakukannya, pilihlah Menu > Start Conference, lalu pilih teman-teman yang ingin Anda ajak ngobrol bersama-sama. Setelah itu tekan tombol Invite. Jika teman Anda menyetujui untuk bergabung dalam ruang conference Anda, eBuddy akan menginformasikannya di tab Conference.


6.
Tambah, Hapus Kontak
Mengenai daftar teman, meskipun datanya didapat dari akun messenger Anda, bukan berarti
eBuddy tidak dapat mengelolanya. Di aplikasi ini, Anda dapat menambahkan kontak baru, menghapus kontak atau bahkan juga memblokir kontak yang nakal. Untuk menambah atau menghapus salah satu kontak, Anda dapat memilih Add buddy atau Delete pada daftar menu. Sementara untuk memblokir kontak tertentu, Anda dapat milih salah satu nama pada daftar kontak Anda, lalu pilih Block pada daftar menu.
Nah, sekarang Anda sudah memiliki messenger multi fungsi di ponsel. Selamat ngorbit (ngobrol irit) dengan
eBuddy Mobile Messenger!

Sumber : kompas.com



About Author:
Okti Ragil Suharno. SEO Analyst, Social Media Consultant, Social Network Master, Blogging. Visit Me Okti Ragil Suharno On Google+

Tags:

21 Responses to “EBuddy Chatting Lewat Handphone”

  1. Ombak 21 February 2009 at 09:59 #

    Makasih informasinya, sangat membantu. klo untuk tarif pemakaiannya di kenakan berapa Rp/Kb. ???

  2. Obar 8 March 2009 at 10:29 #

    Cay

  3. fadhil67 16 September 2009 at 07:58 #

    kurang ngerti gw , soalnya gk ada gambarnya sih

  4. ahmda 10 January 2010 at 01:35 #

    sangat bagus dan memuaskan…..

  5. loky 8 February 2010 at 06:27 #

    gue da coba,tp kok susah amat yah,,, n lowding nya jg lama banget,, n klo buat id nya ada huruf2 yg gak boleh di pake yah??

  6. Dvd Player And Recorder 20 May 2010 at 19:52 #

    Thanks and keep publish this informative sites.

  7. uvy 29 May 2010 at 10:10 #

    w dah bkin id ebuddy’y,tpi qo gag bza conect c k akun fb w
    ad tlisan ‘invalid username/pasword’
    pdahal username/pasword yg w tlisin bner qo.tpi qo ttep gag bza login iah?
    tu knp c..?
    mhon bntuan’y

  8. computer technology information 7 June 2010 at 03:17 #

    es que siempre que dejaba la lap encendida, se me apagaban los discos duros a las 4 horas y me daba un buen de hueva bajarlo en otra m¨¢quina XD

  9. dadang 41 7 June 2010 at 15:34 #

    dadang

  10. nindra 17 June 2010 at 01:46 #

    pu’a q dh download ebbudy tpi pas mo instalasi koneksi ga2l trs kNp y??????

  11. adam 10 July 2010 at 11:38 #

    tolong donk kirimin gambar nya untuk log on ebuudy ke hp

  12. deylan dey 14 July 2010 at 12:57 #

    saya nyatakan bahwa saya ingin mengaktifkan ebuddy di handphone saya.

  13. salitha 18 July 2010 at 06:49 #

    aku kok gabisa aktifkan ebuddy di handpone ku ?

  14. tantan_bdg 18 July 2010 at 12:04 #

    terkadang menggunakan fasilitas eBuddy untuk icon tdk selalu ada,ada yg berupa tanda baca dan terkadang pula iconnya kebaca –> (apakah fasilitas ebuddy bisa terus bisa membaca tanda icon dari orang lain kepada qta?).Saya sedang mencari bagaimana caranya icon bisa terbaca oleh eBuddy :D thx for your information..tantan_bdg

  15. Gokilmeldi 13 August 2010 at 21:18 #

    eBuddy

  16. sumy 24 August 2010 at 10:52 #

    hy

  17. rahim 28 August 2010 at 00:01 #

    kok di hp aku ga bisa di instal sih knapa ada tulisan gagal truss dah di coba berkali “

  18. cancer_girls8117 1 September 2010 at 21:47 #

    registrasi cating ebuddy

  19. amir hulopi 5 September 2010 at 07:06 #

    aku tidak mengerti apa maksudnya…iya tarifnya berapa?

  20. fanni86 8 September 2010 at 07:38 #

    bayar’a per bln atw per hri atw gmn? brp biaya’a?

  21. mega 25 September 2010 at 02:23 #

    HAYYYY,,,,,,,
    AQ PAKEK CHAT EBBUDY NA, TP ENTAH KENAPA 1 MINGGU INI EBUDY SAYA ONLINE TERUS YA?, PADAHAL SAYA SUDAH SIGN OUT, HIDUP TERUS CHAT NYA SAYA AMPEK TMEN2 QR SAYA CHAT TERUS, KASIK SOLUSINA DONG GUYS,,,,,
    THANKS,,,,


Leave a Reply

*