Setting SecuROM Grand Theft Auto IV

Grand Theft Auto IV

Untuk mendapatkan game GTA (Grand Theft Auto) IV, maka system PC user harus diinstal SecuROM 7 terlebih dulu, walaupun perusahaan pembuat game tersebut mengklaim bahwa Grand Theft Auto IV dapat berjalan di tekhnologi yang memiliki DRM (Digital Rights Management). Rockstar sebagai game maker Grand Theft Auto IV mengatakan bahwa di situs IGN yang menjadi tempat download installer SecuROM Grand Theft Auto IV, tidak akan membatasi jumlah instalasi game ataupun jumlah computer yang akan menginstal SecuROM 7.

Cara kerja Rockstar berbeda dengan EA, yang tidak menggunakan SecuROM 7. EA, perusahaan yang merilis game Spore, dimana jumlah total installer Spore dan jumlah PC yang mendownload telah dibatasi. PC Grand Theft Auto IV menggunakan SecuROM untuk proteksi file .exe game tersebut hingga tanggal peluncuran Grand Theft Auto IV resmi diumumkan. Selain itu, SecuROM juga digunakan untuk memastikan disk game berasal dari retail asli berada dalam drive computer user, dan user akan menggunakan Product Activation dari game. Product Activation hanya dilakukan sekali untuk autentikasi online ketika menginstal game Grand Theft Auto IV.

Namun, ternyata penggunaan SecuROM tidak mudah. SecuROM dapat menyebabkan masalah ke hardware, dan bahkan setelah game akan di-remove dari system user, maka proses uninstall SecuROM juga bukanlah tugas yang mudah. Untuk itulah, representative Rockstar mengatakan bahwa jika user ingin meng-uninstall dan menginstal kembali Grand Theft Auto IV, maka tidak perlu melakukan autentikasi online lagi, kecuali jika mengganti komponen dalam CPU, seperti video card. Fungsi aktif dari SecuROM tersebut mungkin memang telah hilang dari instalasi game, namun masih ada jejak sisa instalasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *