12 October 2008 7 Comments

Download Ebook Detik Detik Yang Menentukan BJ Habibi

Detik-detik yang menentukan, jalan panjang indonesia menuju demokrasi. eksklusif dan mahal, konon waktu launchingnya buku ini sempat terjual dg nilai 300 ribu rupiah! bener kah?? beruntung saya dapet mbaca buku ini secara percuma, GRATIIIIISS

detik detik yang menentukan memoir 549 halaman ini seru dibaca. walopun tebel dan terkesan berat karena full ngomong politik, tapi nggak bikin ngantuk soalnya ada banyak hal yg ‘menarik’ untuk dipelajari. salah satu pengetahuan yg menarik adalah digunakannya pendekatan2 non-konvensional oleh habibie ketika mengambil keputusan2 pelik dalam menghadapi krisis (pendekatan approximation, redundancy, relaksasi, dst).

Detik detik yang menentukan ditulis secara apa adanya, memang buku ini potensial nyenggol beberapa pihak. makanya draft ini lama disimpen, baru dicetak jadi buku setelah 6 tahun kemudian, Detik detik yang menentukan menunggu momen yg pas dan negara sudah adem. tapiii… ternyata masih ada aja yg kesenggol: prabowo subianto (sbg mantan panglima kostrad).

beberapa waktu kemaren kalo nggak salah prabowo bikin buku tandingan juga, berusaha njelaskan posisi dia dan pasukannya waktu tahun 1998 (saya belom baca bukunya). aneh, kenapa prabowo harus merasa tersinggung dg bukunya habibie ini? padahal di buku ini nggak pernah ada tuduhan kudeta, habibie ngutip omongannya prabowo sendiri: “gerakan pasukan kostrad di kuningan dan istana itu untuk mengamankan presiden, bukan kudeta”.

Detik detik yang menentukanDetik detik yang menentukan
anyway, habibie ini orang sipil, dg latar belakang teknik, isi otaknya jauh beda dg orang2 militer. waktu nerima jabatan presiden, situasi negara sedang berantakan. isinya warisan gaya pemerintahan top-down dari masa lalu, krisis ekonomi yg luar biasa, tanggung jawab nyusun kabinet reformasi, gerakan2 oposisi di sekitar dia, sampek ada yg bertaruh habibie nggak akan bertahan lebih dari 100 hari (bahkan nggak lebih dari 100 jam) nanggung jabatan presiden. tapi saya pribadi menilai prestasi habibie sangat luar biasa. walopun serba sibuk, habibie tetep rajin sholat tahajud, tetep njaga puasa. ini yg mestinya diteladani generasi muda.

Mengingat bahwa buku Detik detik yang menentukan ditulis berdasarkan catatan harian beliau dan komentar berbagai surat kabar nasional pada masa itu maka buku ini seolah-olah merupakan rekaman ulang sebuah realitas politik yang amat mencekam saat itu. Meskipun demikian sisi-sisi kelembutan, di tengah-tengah ketegasan sikapnya, seorang anak bangsa yang bernama B.J. Habibie sangat jelas tergambarkan pula di dalam buku Detik detik yang menentukan ini. (Hermawan K. Dipojono)

Tokoh yang dengan reformasi berubah dari wakil presiden menjadi presiden dan kemudian meninggalkan kursi kepresidenannya dengan bibir yang tersenyum dan kepala yang tegak. Semua berlaku dengan konstitusional, damai, tanpa setetes darahpun yang tertumpahkan, dan kemudian membuka pintu lebar-lebar untuk para pemimpin penerusnya agar dapat mengisi momentum-momentum yang hadir dengan lebih sukses. (Hidayat Nur Wahid)

Banyak hal yang sangat menarik dari buku B.J. Habibie “Detik-Detik yang Menentukan”, banyak juga yang menarik dari kepribadian penulisnya, setelah membaca buku itu. Namun demikian tidak meleset jika disimpulkan bahwa: “Buku dan penulisnya menyatu dalam kata “Demokrasi”. Itulah uraian buku ini dan itu pula kunci kepribadian penulisnya yang taat beragama Islam itu. Dengan demikian terbukti bahwa tidak ada pertentangan sedikit pun antara penegakan demokrasi dan pelaksanaan ajaran Islam. (M. Quraish Shihab)

As those move further into the past, the scale and scope of Habibie’s achievement seems ever more astounding and surprising. How was it that an administrative technologist with weak political skills and almost no political support could change Indonesia so rapidly, decisively and fundamentally, and in ways that no one could have expected? (Robert.E. Elson)

Kesalahfahaman seolah-olah Presiden Habibie menciptakan “bom waktu disintegrasi” melalui kebijakan desentralisasinya adalah sesuatu yang berangkat dari argumen yang keliru dan tidak berdasar. (Ryaas Rasyid)

Whether one believes in the ‘Great Man’ or ‘Great Idea’ concept of leadership, Pak Habibie succeeded, within the shortest time possible, in mobilizing every resource that was available, to launch a ‘new Indonesia’. (Bilveer Singh)

buku ini sangat recommended untuk dibaca. beli, pinjem, ato curi kalo perlu.



About Author:
Okti Ragil Suharno. SEO Analyst, Social Media Consultant, Social Network Master, Blogging. Visit Me Okti Ragil Suharno On Google+

Tags:

7 Responses to “Download Ebook Detik Detik Yang Menentukan BJ Habibi”

  1. Rana 9 November 2008 at 06:57 #

    buku

  2. rekaria guntur pasaribu 24 November 2008 at 14:47 #

    saya cari cari buku ini ke gramedia ga dapet dapet plisss gw butuh bgt

  3. tomy 5 January 2009 at 16:03 #

    ok banget

  4. ary 20 March 2009 at 14:56 #

    Tolong dong, gw mau bgt buku itu, di mana y gue bisa dapet secara gratis

  5. ToiftBip 6 April 2009 at 08:43 #

    Ты как обычно радуешь нас своими лучшими фразами спасибо, беру!

  6. ifenk 11 April 2009 at 12:34 #

    gimana cra dapetin buku itu?? gw mw bgt!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  7. arif 30 December 2009 at 16:24 #

    ebook


Leave a Reply

*