Formasi CPNS Kota Batu Malang 2008

Formasi CPNS Kota Batu 2008

Nasib penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemkot Batu belum jelas. Padahal dua daerah di Malang Raya, Kota dan Kabupaten Malang, sudah mengumumkannya kepada masyarakat. Pemkot Batu masih menunggu penetapan penjabaran CPNS jalur umum dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia.

Plt. Asisten II Sekda Kota Batu, Choirul Syarif Tartila menjelaskan, kuota dan formasi CPNS tahun 2008 untuk Pemkot Batu sudah diterima dari Menpan melalui surat B/424-F/M-Pan/8/2008. Jumlah seluruhnya mencapai 482 formasi CPNS, 175 formasi untuk tenaga honorer yang masuk nominasi dan sisanya, 307 formasi untuk jalur umum.

Formasi CPNS Kota Batu 2008

‘’Setelah memiliki formasi dari Menpan, harus dijabarkan melalui ketetapan wali kota dan diusulkan kembali kepada Menpan untuk mendapatkan penetapan. Penetapan itu yang masih kami tunggu dari Menpan,’’ kata Choirul kepada Malang Post, kemarin.

Kapan penetapan dari Menpan turun, Choirul yang juga Kepala Badan Pengawas (Bawas) Kota Batu ini belum mengetahui. Harapannya, dalam waktu satu hingga dua hari mendatang penetapan itu sudah dapat ditetapkan dan diterima Pemkot Batu.

Karena belum ada penetapan dari Menpan itu, Pemkot Batu belum dapat mengumumkan penerimaan CPNS kepada masyarakat secara luas melalui media massa, seperti yang telah dilakukan Kota dan Kabupaten Malang.

Formasi CPNS Kota Batu 2008

‘’Jika sudah kami terima penetapannya, akan kami segera umumkan kepada masyarakat. Waktunya tetap sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan selama 10 hari,’’ terangnya.

Lambatnya penetapan dari Menpan bukan kali ini saja, sebelumnya pada penetapan formasi CPNS tahun 2008 lalu, Pemkot Batu juga terlambat menerima penetapan kuota dari Menpan. Lambatnya penetapan itu tidak hanya dialami Pemkot Batu saja. Dari 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur ada sekitar 12 kota dan kabupaten yang bernasib sama saat itu dengan Kota Batu.

Formasi CPNS Kota Batu 2008

Meski tidak bersamaan dengan Kota dan Kabupaten Malang, hal itu tidak menjadi permasalahan. Karena sudah ada waktu dan jadwal pelaksanaan penerimaan CPNS.

Jika terlambat dengan kota dan kabupaten lainnya, durasi waktu pengumuman hingga pendaftaran tetap akan sama. ‘’Mudah-mudahan hari Senin sudah ada kepastian penetapan dan dapat segera diumumkan,’’ ungkapnya.

Formasi CPNS Kota Batu 2008

Disinggung lambatnya penetapan Menpan karena banyaknya pemasalahan yang pernah terjadi di Pemkot Batu, mantan Kadis Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kota Batu itu menampiknya. Secara pasti, dia tidak mengetahui alasannya. Hanya saja, Pemkot Batu menghormati keputusan yang ditetapkan Menpan.

Seperti diketahui, Pemkot Batu pernah terjadi permasalahan kepegawaian yang berkepanjangan dan hingga saat ini masih dalam penyelesaiannya. Seperti kasus 151 CPNS, CPNS yang sudah diumumkan tapi diganti, pembatalan kenaikan pangkat ratusan pejabat dan staf PNS di lingkungan Pemkot Batu. Semua itu menjadi akumulasi permasalahan kepegawaian yang pernah terjadi di Pemkot Batu. ‘’Insya Allah tidak seperti itu. Semangat kami untuk berkarya lebih baik,’’ ujarnya.

Formasi CPNS Kota Batu 2008

Jika kuota umum belum ditetapkan Menpan, kuota 175 tenaga honorer yang sudah keluar lebih dulu dan sudah dilakukan pemberkasan kepada para nominatornya.

Sedangkan, kuota untuk jalur umum belum juga ditetapkan. Dari 307 formasi kuota jalur umum libih banyak didominasi tenaga guru yang mencapai 216 formasi, 42 formasi tenaga kesehatan, 44 formasi tenaga strategis dan Sekdes sebanyak 5 formasi

Formasi CPNS Kota Batu 2008

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *