Cara Mencegah FLu

Flu mudah menyebar. Jangan sampai semua anggota keluarga Anda terserang flu hanya karena Anda menderita flu.

Tips berikut akan membantu Anda mencegah flu menyerang Anda dan mencegah flu menular ke orang-orang yang Anda cintai:

Mengkonsumsi 5 atau lebih buah dan sayuran setiap hari merupakan usaha yang bagus dalam membangun pertahanan tubuh terhadap serangan flu dan demam.

Sediakan tissue di tempat yang mudah dijangkau pada saat batuk dan bersin. Kemudian buanglah tissue  ke dalam kotak yang dapat dikosongkan tanpa menyentuh isinya.

Batuk dan bersinlah ke arah siku atau lengan Anda tetapi jangan ke tangan Anda, ajarkan juga anak Anda untuk melakukan hal yang sama. Tetesan dari batuk atau bersin mengandung virus yang bisa menyebabkan orang-orang di sekitar Anda jadi tertular. Jika Anda batuk atau bersin ke tangan, apapun yang Anda sentuh dengan tangan akan menginfeksi orang lain jika mereka menyentuh permukaan yang telah Anda sentuh. Bersihkan mainan anak Anda secara teratur untuk mengurangi jumlah kuman, khususnya mainan yang dapat dimasukkan ke dalam mulut.

Jika Anda menderita flu atau demam, tetaplah di rumah dan menjauhlah dari orang di sekitar Anda jika memungkinkan. Hal ini akan mencegah penyebaran penyakit Anda kepada orang lain dan juga melindungi diri Anda sendiri dari efek samping flu dan demam yang lebih serius.

Jangan meletakkan jas di tempat kerja, fasilitas untuk anak-anak, atau tempat umum lainnya. Meletakkan jas di tempat umum dapat menyebabkan kuman demam atau flu menyebar seperti kurap.

Di tempat kerja, hindari berbagi benda-benda seperti telepon dan papan tombol komputer. Jika Anda harus berbagi, cucilah tangan Anda dan hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda

Bukalah ventilasi secara teratur pada ruangan yang tertutup untuk menghilangkan kuman yang ada di udara. Bukalah jendela kamar di rumah Anda pada saat tidak ditempati agar udara segar bisa masuk ke dalam

Cucilah tangan Anda secara teratur sepanjang hari. Ingatlah untuk mematikan keran air dengan handuk. Ajarkan kebiasaan sehat ini kepada anak Anda

Kuman flu bisa menyebar ke mana-mana. Jika Anda terserang flu, menjauhlah dari orang-orang yang Anda cintai. Jika Anda sehat, berhati-hatilah jangan sampai Anda tertular

Bawalah pembersih tangan ke tempat kerja dan pakailah secara teratur khususnya pada saat Anda terserang flu. Anda bisa menggunakan pelembab untuk mencegah tangan kering

Hati-hati bagi Anda yang sering menggigit jari! Virus flu masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mata, dan mulut. Sudah waktunya menghentikan kebiasaan buruk Anda.

Tandai di kalender jadwal vaksinasi Anda dan anak Anda

Jangan cemas. Tetaplah gembira. Studi terbaru menunjukkan bahwa stress dapat melemahkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Apakah berjabatan tangan penting? Lebih baik bungkukkan badan sebagai bentuk penghormatan atau berikan ciuman di pipi.

Setelah mengganti pampers anak, jangan lupa cuci tangan

Apakah Anda tahu cara cuci tangan yang benar? Cucilah tangan Anda dengan menggunakan sabun dan air selama 20 detik

Jangan lupa minum air putih yang banyak baik saat Anda sehat atau sakit. Badan Anda bisa cepat mengalami dehidrasi saat Anda terserang flu. Cairan ekstra akan membuat mucus tetap cair, ini bisa membantu mencegah komplikasi bakteri seperti infeksi telinga dan radang saluran pernafasan.

Jadilah detektif kuman. Pegangan keran air, tempat duduk toilet, pegangan pintu toilet harus dibersihkan secara teratur

Keringkan tangan dengan handuk setelah keluar dari kamar mandi

Satu apel dan 4 atau lebih buah dan sayuran, ditambah dengan protein dan sedikit lemak dapat membuat Anda tetap sehat setiap hari sepanjang tahun

Hindari berbagi benda-benda pribadi seperti selimut, bantal, atau pakaian dengan penderita flu. Virus dapat hidup untuk jangka waktu singkat di benda-benda ini.

Obat-obat anti-viral bisa mencegah flu menyerang atau mempersingkat waktu sakit bagi yang sudah mengalami gejala-gejalanya. Obat ini harus diberikan dalam waktu 48 jam setelah mengalami gejala dan harus berdasarkan resep dokter.

Cari dan nikmati udara segar setiap hari. Udara segar baik untuk paru-paru Anda.

Sumber : mediaindonesia.com

One thought on “Cara Mencegah FLu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *